Rabu, 08 Juni 2016

Ini Serius, Pegadaian Mengatasi Masalah Tanpa Masalah?

The First Time is Usually Scary But There is Always a First Time For Everything.

Kata orang, pengalaman pertama biasanya memang terlihat menakutkan. Mungkin karena memang kita belum tahu apa yang akan kita lewati, bagaimana rasanya, maupun hal terburuk yang akan terjadi.

Pasti sudah pernah dengar tentang Pegadaian, salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak dalam penyaluran jasa kredit dalam bentuk gadai.  Saya mengenal Pegadaian awalnya dikenalkan oleh seorang teman yang juga salah satu Kepala Bank Syariah di Sabang. Beliau menceritakan pengalamannya, pengalaman kenalan-kenalannya yang menjalankan usaha maupun yang berinvestasi menggunakan emas semuanya menggunakan jasa Pegadaian terutama untuk Pegadaian Emas, karena Emas lebih stabil dan gampang dicairkan bila ingin menggunakan dana. “Ini cocok buat kamu Jrah, modal yang kamu punya bisa dikonversikan ke emas, digadaikan, dananya bisa kamu putar ke usaha, nanti kamu bisa tebus dengan nilai yang sama, dan keuntungan usaha kamu bisa buat beli emas lagi,” katanya dengan meyakinkan.

Tapi tetep aja, sebagai orang awam masih ada rasa takut di hati, seperti apa Pegadaian itu, apalagi menggunakan kata “Pegadaian” lebih sering digunakan untuk orang-orang yang ngga punya duit alias mau bangkrut, naudzubillah min dzalik. Ya di Aceh, walaupun tidak punya uang, gengsi besar sekali, biar gempor, asal tersohor, haha.

Walaupun sempat ragu, tidak ada salahnya mencoba, tantangan baru ini namanya, apalagi yang rekomendasi seorang manajer bank, pasti bisa dipercayalah.

Esok harinya untuk pertama sekali saya datang ke Kantor Pegadaian Syariah UPSSabang. Kantornya cukup sepi, yang terlihat hanya 2 pegawai dan 1 orang yang terlihat sepertinya manajer, dan seorang satpam. Saya disambut ramah oleh pegawainya, ditanyain maksud dan tujuannya saya datang ke sana. Setelah tanya-tanya, ternyata penjelasannya, kurang lebih sama dengan yang disampaikan oleh temanku.
Gadai Berprinsip Syariah
Kemudian saya mencoba untuk menggunakan jasa Pegadaian Emas dengan emas yang saya bawa saat itu, ternyata urusannya tidak ribet, hanya dalam beberapa menit, saya bisa mendapatkan dana yang bisa saya gunakan untuk keperluan saya, saya cukup menandatangani beberapa Surat Bukti RAHN yang berfungsi sebagai bukti perjanjian antara nasabah (Rahin) dan Pegadaian (Murtahin), yang nantinya juga berfungsi untuk pengambilan barang. Pengembalian pinjaman bisa kapan saja, tapi diberikan batasan waktu hingga 4 bulan untuk diperpanjang kembali.
Surat Bukti RAHN Pegadaian
Hasil bertanya-tanya dengan petugas Pegadaian dan pengalaman pribadi, ada beberapa Keuntungan Menggunakan Jasa Pegadaian, di antaranya :
Yang pertama, urusan di Pegadaian, tergolong mudah dan tidak berbelit-belit, Kita tidak perlu buka rekening dan hanya butuh waktu kurang lebih dari 15 menit untuk menyelesaikan prosesnya.
Yang Kedua, jenis pembiayaan yang likuid, cepat dan gampang dicairkan, biasanya bisa kita dapat sekitar 80% dari taksiran barang.
Yang ketiga, Nasabah hanya dikenakan jasa biaya sewa penitipan (IJARAH), karena di pegadaian sistemnya adalah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan dana yang cepat.
Yang keempat, tidak mengandung unsur riba, karena yang kita bayar adalah sewa penitipan saja, bukan bunga, dan itu lebih murah daripada kita menggunakan jasa kredit di Bank.
Yang kelima, walaupun hitungannya kita ngutang, di Pegadaian kita disebut sebagai Nasabah (Rahin), keren kan? Hehe.
Yang Keenam, setiap transaksi peminjaman dana atau apapun di Pegadaian kita bisa mendapatkan poin yang nantinya diundi untuk mendapatkan hadiah langsung. 
Yang Ketujuh,kita sering mendapatkan informasi produk-produk terbaru dari Pegadaian dan juga informasi tentang poin yang kita miliki dan juga mengingatkan kita kalau waktu pinjaman kita sudah jatuh tempo melalui jasa sms, layaknya seorang sahabat.
Yang kedelapan, bisa jadi tempat penitipan, kalau mau pergi ke luar kota untuk jangka waktu yang lumayan lama, tidak ada salahnya mengunakan jasa Pegadaian, lebih aman dan bikin tenang.
Yang kesembilan, tidak terlalu mengikat, kita bisa bayar di mana saja, jadi kalau pinjaman kita sudah jatuh tempo ataupun kita mau bayar, kita bisa bayar di mana saja, tidak perlu harus ke tempat kita pinjam, misalnya kita pinjam di Sabang, kita bisa saja bayar di kantor cabang Banda Aceh ataupun di cabang yang terdekat dengan kita.
Yang Kesepuluh, memiliki banyak penawaran jasa yang lain, seperti Arisan Emas, Nyicil Emas, Tabungan Emas, Isi pulsa, bayar tagihan, dan masih banyak lagi.

Di Pegadaian Syariah Ulee Kareng mencoba layanan Tabungan Emas
Ini juga salah satu program dari Pegadaian yang menarik, Kemilau Emas Pegadaian, yaitu program pengundian poin nasabah yang berhadiah emas, ya walaupun saya belum pernah menang, tapi tetap semangat, saya yakin pasti dapat nanti, amin! #Kode
Kemilau Emas Pegadaian

SMS Pemberitahuan Poin dari Pegadaian
Alhamdulillah, sekarang Pegadaian jadi kebiasaan, jika butuh modal untuk pengembangan usaha, saya menggunakan jasa Pegadaian karena sekarang saya punya seorang Sahabat, Pegadaian. Sangat sesuai dengan taglinenya, Mengatasi Masalah Tanpa Masalah.

Jadi kalau ditanya sekarang, “sering ke Pegadaian ya?,” saya tidak perlu malu dan akan jawab dengan bangga hati, “Ya, saya sering ke Pegadaian.” Dan terimakasih banyak Pegadaian yang ikut membantu dalam perjalanan pengembangan usaha saya hingga seperti sekarang.

Salam hangat dari Aceh

8 komentar:

  1. Poin 4 sangat termat penting bagi saya.
    Segampang apapun adm, sebaik apapun pelayanan, dan seberapa besarpun keuntungan yang di tawarkan, jika mengandung unsur RIBA tetap MERUGI.

    Produk pegadaian sangat menguntukan, terutama sekali logam mulia.

    Pegadaian memang sahabat BFF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Bang Teuku Taufik, semoga kita semua sukses ya, sukses mulia, amin!

      Hapus
  2. Ihan pengalaman juga tuh dengan pegadaian, bahkan di saat bersamaan pernah jadi 'nasabah' di beberapa pegadaian sekaligus :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama lah kita Ihan, ayo ikutan lombanya juga, berbagi pengalaman jadi Sahabat Pegadaian

      Hapus
  3. naaah ini memang dilema di aceh. ke pengadaian malu., tapi apa2 di peugala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, welcome to Aceh, tapi memang butuh edukasi dan solusi

      Hapus
  4. Lebih aman bnget ya transaksinya di pegadaian... :D
    Salam kenal, dan selamat ^_^

    BalasHapus